Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Testimoni di Marketplace Online

Bagaimanapun bentuknya berjualan, baik pada pasar konvensional maupun marketplace online, testimoni berpengaruh pada reputasi penjual. Jika penjual atau toko banyak memiliki testimoni atau ulasan yang positif, maka kredibelitas dari toko yang dikelola akan meningkat. Sebuah kredibelitas memiliki pengaruh yang besar karena terkadang seorang calon pembeli akhirnya mengambil keputusan setelah melihat atau mendengar ulasan yang telah ada.

Jika Anda bertanya kepada copywriter bagaimana cara membuat teks untuk menarik perhatian pembeli, mungkin mereka akan menjawab salah satunya adalah dengan melampirkan testimonial pada sales letter. Hal ini bukan tanpa alasan, calon pembeli terkadang tidak terlalu yakin dengan dengan kata-kata manis dari si penjual produk. Mereka akan lebih yakin jika ada orang lain yang bercerita tentang produk tersebut. Lebih lengkapnya lagi mengenai testimonial serta bagaimana peranan testimoni pada penjualan produk di marketplace online, bisa Anda bisa simak pada artikel berikut ini.

Apa Itu Testimoni? Sebelum kita beranjak jauh mengenai peranan testimoni, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian testimoni. Apakah sebuah testimoni itu sama dengan ulasan? Sebenarnya sama saja pengertian antara testimoni dan ulasan. Akan tetapi, ulasan bisa digunakan untuk ranah yang lebih luas, sedangkan testimoni biasanya hanya dipergunakan di dunia perdangangan dan pemasaran produk.

Jadi, arti dari testimoni sendiri adalah bagaimana pembeli memberikan ulasan kepada produk Anda. Pembeli akan menceritakan pengalaman saat melakukan transaksi dengan Anda, baik saat melakukan interaksi, pembayaran, pengiriman, sampai bagaimana keadan produk Anda setelah sampai ke tangan pembeli, apakah memuaskan atau tidak. Dalam marketplace online sendiri, biasanya sebuah testimoni tidak hanya berisi ulasan saja, tetapi pembeli jugan bisa memberikan penilaian dalam bentuk poin. lazimnya poin tersebut berebentuk rating dengan bintang. Tak jarang calon pembeli akan melirik poin penilaian tersebut sebelum memutuskan untuk membeli produk di tempat Anda. Peranan Testimoni untuk Matketplace Online

Mungkin di paragram-paragraf sebelumnya telah disinggung sedikit soal bagaimana pengaruh sebuah testimonial dengan halaman penjualan Anda. Tidak hanya sebagai bahan pertimbangan, testimoni juga memiliki peranan lainya untuk halaman penjualan Anda di marketplace online. Kurang lebihnya Anda bisa membaca pembahasan berikut ini.

1. "Pembuka" Transaksi Melihat dari psikologi pembeli

tidak sedikit pembeli yang menjadikan poin penilaian sebagai bahan perbandingan. Poin penilaian sendiri bisa jadi sebagai pintu masuk untuk terjadinya transaksi. Setelah memasukan kueri dan melakukan pencarian, pembeli akan melihat daftar produk. Sebagus apapun deskripsi produk yang Anda buat di halaman produk, jika Anda memiliki poin penilaian yang rendah, pembeli tidak akan segan melewatkan produk Anda.

2. Meningkatkan Reputasi Mendapatkan poin penilaian yang tinggi 

itu menandakan jika Anda memiliki reputasi yang baik. Dengan banyaknya testimoni positif berarti banyak pelanggan Anda yang terpuaskan. Dengan begitu, para calon pembeli rentu tkdak akan ragu untuk melakukan pembelian.

Jika Anda berjualan di toko oline sendiri, Anda bisa melampirkan testimonial di landing page Anda. Di marketplace Anda tidak perlu melakukan itu karena ulasan akan otomatis tampil di halaman produk Anda.

3. Mempengaruhi Peringkat Anda di Pencarian Marketplace 

Seringkali poin penilaian menjadi salah satu variabel dari bagaimana marketplace memberikan peringkat kepada produk di pencarian. Dengan kata lain, poin penilaian ini menjadi bagian di algoritma mesin pencari marketplace. Jika Anda memiliki poin penilaian yang tinggi dari sekian banyak transaksi yang Anda handle, produk Anda akan mudah ditemukan di mesin pencari. Sebaliknya, jika produk Anda memiliki poin penilaian yang rendah, maka tidak heran jika produk Anda tenggelam di pencarian.

4. Bahan Evaluasi 

Mendapatkan ulasan negatif tidak selalu menjadi hal yang merugikan, bisa saja ulasan tersebut menjadi cambuk untuk terus maju lagi. Ingat! Tidak ada orang yang sempurna, Anda bisa menjadikan ulasan negatif ini sebagai sarana untuk memperbaiki pelayanan Anda atau produk Anda. Tentu saja seseorang tidak akan memberikan ulasan negatif serta poin penilaian buruk tanpa alasan.

Terkadang penilaian buruk tidak selalu karena pelayanan atau kualitas produk yang Anda berikan tidak sesuai. Penilaian buruk bisa saja terjadi karena miss dari pembeli sendiri. Anda bisa memperbaiki hal ini dengan memperbaharui judul, deskripsi produk, maupun foto produk lebih jelas lagi. Anda juga bisa memberikan kejelasan dengan membalas ulasan tersebut. Dengan begitu, Anda akan terlihat seperti penjua l yang bertanggung jawab dan secara tidak langsung menjaga reputasi Anda.

Nah, inilah dia beberapa pengaruh dari testimoni untuk penjualan produk Anda di marketplace. Anda sekarang sudah mengerti kan! Bagaimana peranan dari testimonial tersebut? Selain meningkatkan kualitas pelayanan serta produk, ada baiknya Anda mulai mengumpulkan testimoni dari pembeli. Untuk itu Anda jarang ragu untuk meminta testimonial dari pelanggan setiap kali Anda transaki Anda sudah selesai diproses dan barang sudah sampai ke tangan pembeli..

Posting Komentar untuk "Peran Testimoni di Marketplace Online"