Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

keuntungan memulai bisnis kuliner go online

 Binis kuliner memang salah satu jenis bisis yang tidak hengkang oleh zaman. Hal ini dikarenakan makanan dan minuman sendiri merupakan kebutuhan pokok yang selalu dibutuhkan oleh manusia. Dengan begitu, diharapkan pelaku bisnis kuliner bisa mendapatkan penghasilan yang stabil setiap harinya.



Melihat peluang yang begitu besar, tidak heran jika banyak orang tertarik untuk membuka usaha di bidang kuliner. Namun, tanpa stategi yang baik, tidak menutup kemungkinan jika bisnis kuliner Anda malah tidak menghasilkan apa-apa. Untuk itu memantapkan perencanaan sebelum dan saat melakukan usaha bidang kuliner harus dilakukan. Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah memasarkan secara online.

Memasarkan Usaha Kuliner Secara Online

Dengan perkembangan zaman khususnya di dunia teknologi dan informasi, semua hal bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa melakukan interaksi dengan siapa saja tanpa batas demografi dengan memanfaatkan internet. Dengan kemajuan internet, banyak sektor usaha yang kemudian memanfaatkan internet untuk membuat usaha mereka go online. Tidak menutup kemungkinan untuk usaha di bidang kuliner.

Hal ini bukan tanpa alasan, banyak manfaat yang bisa didapatkan saat memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. Lebih jelasnya lagi, Anda bisa membaca pembahasanya di bawah ini.

1. Tidak Terbatas Demografi

Karena tidak memerlukan interaksi yang mengharuskan anatara penjual dan calon pembeli berada pada satu tempat, sebuah transaksi bisa dilakukan di mana saja. Anda bisa melakukan transaksi penjualan dengan seseorang yang berada di kota berbeda bahkan negara yang berbeda.

Beberapa produk kuliner seperti makanan basah memang tidak tahan lama. Namun, jika Anda bisa memaksimalkan pengemasan makanan Anda dengan baik, bukan tidak mungkin makanan tersebut bisa bertahan 3 - 7 hari. Dengan begitu Anda bisa mengirimkanya dengan pelanggan Anda yang berada di luar kota. 

Namun, jika yang ada produksi merupakan makanan atau minuman yang bisa bertahan lama, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini. Anda bisa mengirimkanya ke luar kota, luar pulau, sampai luar negeri. Namun, tentu saja ada hal yang perlu diperhatikan, misalnya  jika Anda ingin melakukan pengiriman ke luar negeri, Anda harus menyelesaikan beberapa regulasi tertentu.

2. Bisa Mengembangkan Jaringan Pemasaran Anda dengan Ruang Lingkup Lebih Luas

Masih menyambung dari poin pertama, karena tidak ada batas demografi, Anda bisa mendapatkan pelanggan dengan ruang lingkup yang lebih luas. Tidak menutup kemungkinan Anda bisa mengembangkan binsis kuliner Anda menjadi lebih besar lagi. Misalkan Anda bisa menjadi suplier dimana Anda menawarkan produk Anda kepada reseller untuk di jual kembali.

Dengan menjadi suplier, jaringan pemasaran Anda akan lebih luas lagi. Sebenarnya, menjadi suplier bisa saja Anda lakukan tanpa memanfaatkan internet. Namun, dengan bantuan internet, semuanya bisa dilakukan lebih mudah. Mulai dari update stock, mengkoordinir jaringan pemasar Anda, sampai melakukan manajemen secara otomatis bisa Anda lakukan di layar ponsel atau laptop Anda.

3. Lebih Ekonomis

Keuntungan lainya yang bisa Anda dapatkan dari memanfaatkan internet adalah harganya lebih ekonomis. Tidak hanya lebih ekonomis, memasarkan produk melalui media online dinilai lebih efisien karena bisa menggaet audiens yang lebih tertarget.

Kita buat perbandinganya. Pertama Anda mengiklankan produk Anda dengan cara konvensional seperti menggunakan spanduk, atau papan reklame. Biaya yang Anda gunakan untuk mencetak papan reklame atau spanduk cukup besar. Selain itu Anda juga harus menyewa lahan dimana Anda memasang papan reklame tersebut. Seedangkan jika menggunakan spanduk, iklan Anda hanya bisa dilihat di sekitaran tempat usaha Anda.

Keduanya hanya bisa dilhat dari orang-orang yang melintas di kota Anda yang belum tentu tertarik untuk membeli produk makanan atau minuman Anda.

Bandingkan jika menggunakan internet, misalkan kita menggunakan media Facebook Ads. Hanya bermodalkan minimal Rp.20.000,00 Anda sudah bisa menayangkan iklan Anda selama sehari. Tidak hanya itu, Anda bisa mengatur target pasar Anda misalkan berdasarkan umur, jenis kelamin, minat, demografi dan lain-lain. Dengan begitu iklan yang Anda pasang akan ditayangkan kepada pengguna Facebook yang kemungkinan memiliki interest terhadap produk yang Anda tawarkan.

4.Mempermudah Anda dalam Mengembangkan Usaha

Ada beragam sekali "tools" yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan usaha Anda di Internet. Misalkan, Anda ingin mengembangkan resep masakan Anda, ada beragam informasi dari artikel yang ada di Internet yang bisa Anda baca sebagai referensi. Dengan internet, Anda juga bisa dengan mudah membandingkan harga di pasaran sehingga Anda bisa menawarkan harga yang lebih kompetitif.

Contoh lainya lagi, Anda bisa memanfaatkan internet untuk melihat kompetitor Anda. Anda bisa menggunakan teknik jitu ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dengan melihat inovasi yang digunakan oleh kompetitor Anda kemudian Anda tiru, kembangkan, dan terapkan kepada bisnis Anda.

Ada banyak sekali jenis tools marketing yang bisa Anda manfaatkan untuk pemgembangan bisnis Anda. Mulai dari pemasaran, pengembangan produk, riset pasar, dan lain-lain, dan semua itu bisa Anda lakukan dengan mudah dengan memanfaatkan internet.

Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan menggunakan internet untuk bisnis kuliner. Namun, jika dibahas semuanya satu per satu tentu akan lebih panjang.

Mungkin ini adalah akhir dari pembahasan kita, akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar untuk "keuntungan memulai bisnis kuliner go online"