Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Halaman Deskripsi Jasa di Marketplace Freelance dengan Benar

Dengan kemunculan internet, beragam profesi baru mulai bermunculan. Begitu juga dengan beberapa profesi lama yang sekarang sudah dikembangkan kembali hingga meninggalkan kesan konvensional. Salah satunya adalah pekerja lepas. Dengan kemajuan internet, kini Anda bisa dengan mudah menawarkan jasa Anda secara online di Marketplace Freelance. Bahkan Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi, tidak hanya di Indonesia tetapi juga pasaran luar.

Pada artikel kali ini kita akan membahas sedikit mengenai seluk beluk marketplace online sampai bagaimana cara membuat halaman jasa yang menjual untuk menarik minat pembeli. Tidak perlu belama-lama lagi, langsung saja kita mulai pembahasanya.

Jenis-Jenis Marketplace Freelance

Sebelum kita menuju pembahasan bagaimana cara membuat halaman jasa yang menjual, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis dari marketplace online.

Berdasarkan peran siapa yang lebih dominan, marketplace freelance dapat dibagi menjadi 2 jenis. Yang pertama adalah pihak freelancer yang dominan berperan dimana seorang freelancer bisa menawarkan jasa dan pengguna jasa bisa memilih jasa berdasarkan jasa yang ditawarkan freelancer. Sebaliknya, untuk jenis kedua dimana buyer yang memiliki peran dominan dimana buyer akan menawarkan pekerjaan sesuai yang ia mau, sedangkan freelancer yang merasa memenuhi kriteria dari buyer bisa "melamar" pekerjaan tersebut.

Ada juga marketplace yang memadukan antara kedua hal ini. Jadi, ada "kolom" dimana pekerja lepas dapat memasarkan jasa mereka dan pengguna jasa dapat melakukan penawaran pekerjaan yang mereka inginkan.

Cara Membuat Halaman Jasa di Marketplace yang Menjual

Setelah Anda memahami jenis-jenis dari marketplace freelance, sekarang kita memahami bagaimana cara membuat halaman jasa dengan benar. Tentu saja panduan ini akan lebih cocok jika Anda gunakan untuk di marketplace jenis pertama, tetapi tidak menutup kemungkinan Anda bisa memodifikasi dan menerapkan pada kedua jenis marketplace tersebut.

Tanpa basa-basi lagi, berikut ini adalah cara yang bisa Anda gunakan:

Jelaskan Apa yang Bisa Anda Lakukan dan yang Tidak

Jika Anda memasarkan sebuah jasa, tentu saja Anda akan menjelaskan bagaimana bentuk pelayanan dari jasa tersebut. Di kolom deskripsi, Anda dapat memberikan langkah-langkah bagainana Anda mengerjakan jasa tersebut, media atau tools apa yang Anda gunakan, hasil akhir (produk)  yang Anda kerjakan, spesifikasi dan fitur dari produk tersebut.

Jika Anda menyediakan deskripsi yang lengkap, halaman jasa Anda akan terlihat lebih professional. Diharapkan calon pengguna jasa Anda akan bisa mengukur bagaimana kemampuan Anda setelah membaca deskripsi tersebut.

Selain menulis apa yang bisa Anda kerjakan, penting juga untuk menulis apa yang tidak Anda kerjakan. Anda tidak bisa menjadi one man show. Lebih baik lagi jika Anda mengerjakan sesuatu dengan spesifik. Dengan mengerjakan sesuatu yang paling bisa Anda kuasai, Anda akan tetap bisa menjaga kualiats jasa Anda, hal tersebut tentunya berpengaruh ke reputasi Anda dan kepuasan konsumen.

Tambahkan Manfaat dari Menggunakan Jasa Anda

Selain menjelaskan apa yang Anda tawarkan, spesifikasi serta fitur produk yang dihasilkan, ada baiknya Anda manambahkan manfaat dari menggunakan jasa Anda. Anda bisa menjelaskan keunggulan dari produk yang Anda kerjakan dan bagaimana produk tersebut bisa menguntungkan untuk konsumen.

Dengan menuliskan manfaat dan keunggulan dari jasa yang Anda tawakan, pembeli akan lebih mempertimbangkan untuk menggunakan jasa Anda daripada jika Anda tidak melakukan hal tersebut. Namun, ingat selalu agar tidak berlebihan dalam menjelaskan manfaat produk Anda. Hal ini akan membuat Anda memberi kesan berlebihan. Selain itu terlalu berlebihan dan bertele-tele dalam menjelaskan manfaat produk akan membuat calon pembeli bosan ketika membaca deskripsi jasa Anda.

Maksimalkan Konten Visual dari Halaman Jasa Anda

Jika Anda hanya menawarkan jasa saja, hal ini bisa menjadi opsional karena Anda bisa mengunduh gambar dari stok foto gratis dan mengeditnya sedikit. Namun, untuk membuat halaman penjualan yang lebih powerfull, ada baiknya jika Anda membuat konten visual yang lebih efisien.

Anda bisa melampirkan portfolio dalam bentuk foto atau gambar mengenai proyek yang sebelumnya sudah Anda kerjakan. Anda juga bisa memberikan foto tahapan saat Anda mengerjakan, foto uji kualitas dari produk yang Anda buat dan banyak lagi. Beberapa marketplace juga menyediakan fitur unggah video untuk halaman jasa. Anda tidak boleh menyia-nyiakan hal ini, Anda bisa membuat video pendek yang menjelaskan tentang jasa Anda.

Lampirkan Halaman F.A.Q

Terkadang kolom deskripsi tidak cukup untuk menjelaskan tentang jasa yang Anda tawarkan. Walaupun sudah Anda beberkan sejelas mungkin di kolom deskripsi, tidak menutup kemungkinan Anda masih menerima pertanyaan seputar jasa Anda

 Untuk itu, Anda bisa menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh calon pengguna jasa beserta jawabanya di halaman F.A.Q. Selain dengan memperkirakan, Anda bisa menampung jenis pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon pengguna jasa dan melampirkan ke halaman F.A.Q.

Sekian pembahasan bagaimana cara membuat halaman jasa yang menjual di marketplace freelance. Jika Anda mengikuti panduan ini dengan benar, bukan tidak mungkin Anda bisa menggaet pembeli tanpa melakukan teknik black hat (cara curang) seperti misalnya dengan membeli testimoni palsu. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Halaman Deskripsi Jasa di Marketplace Freelance dengan Benar"