Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan pelayan Toko Online supaya lebih Efisien

 Memberikan pelayanan merupakan satu ke satuan dalam proses transaksi. Jika Anda memberikan layanan yang baik maka Anda akan mendapatkan feedback positif untuk tokoh oline Anda. Dengan begitu Anda bisa membangun kredibelitas dari pelanggan sehingga toko bisa mendapatkan lebih banyak orderan.



Cara Membuat Pelayanan Toko Online Lebih Efisien

Tentu saja memberikan pelayanan yang baik bukanlah hal yang mudah. Anda harus memahami bagaimana cara untuk meningkatkan pelayan Anda supaya lebih maksimal. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat pelayanan Anda lebih efisien. Tanpa perlu basa-basi lagi Anda bisa menyimak pembahasan tersebut dengan membaca poin-poin di bawah ini.

1. Fast Respond Adalah Kunci

Langkah pertama untuk meningkatkan pelayanan Anda adalah membalas pesan dari calon pembeli Anda sesegera mungkin. Calon pembeli biasanya akan bertanya mengenai barang atau jasa yang Anda tawarkan jika informasi yang dia inginkan tidak tersedia di halaman deskripsi produk. Jika Anda membalas pertanyaan calon pembeli dengan cepat, pembeli akan merasa jika mereka diperhatikan dan dihargai, dan Anda akan terlihat seperti penjual yang tanggap.

Untuk memaksimalkan pelayanan Anda agar Anda bisa merespon pembeli dengan cepat, ada beberapa yang bisa Anda lakukan. Pertama Anda harus selalu stand by di perangkat Anda, dan jika ada notifikasi masuk, Anda harus sesegera mungkin mengakses Toko Anda untuk memberikan tanggapan.

Jika Anda memiliki seidikit budget berlebih, Anda bisa menggaji CS untuk memberikan support kepada pelanggan Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat penjawab pesan otomatis dengan mengumpulkan pertanyaan yang sering ditanyakan dan mengintegrasikan ke dalam bot otomatis.

2. Balaslah Pesan dengan Sopan

Saat ada calon pembeli yang bertanya, balaslah pertanyaan tersebut dengan sopan. Terkadang ada beberapa tipe pembeli yang cukup merepotkan dan mungkin bisa saja membuat Anda tersinggung. Namun, Anda harus tetap bisa mengontrol emosi, usahakan jika kata-kata yang Anda berikan tidak menyakiti perasaan dari calon pembeli. Jika Anda memberikan tanggapan yang baik, maka Anda akan menerima respon yang baik pula.

Begitu juga jika Anda mendapat ajuan komplain dari pembeli Anda. Tetaplah untuk membalas dengan sopan sembari memberikan solusi dengan bijak. Walaupun mungkin pelanggan Anda akhirnya tidak puas dengan solusi yang Anda berikan, Anda tetap mendapat nilai plus karena telah menanggapi pelanggan dengan baik.

3. Manfaatkan Feedback dari Pelanggan untuk Meningkatkan Pelayanan

Ulasan atau tanggapan negatif tidak selalu akan membuat toko Anda terlihat buruk. Sebuah ulasan negatif bisa menjadi bahan evaluasi untuk toko Anda. Pastikan jika Anda merespon ulasan tersebut dan menjadikan ulasan tersebut sebagai patokan untuk memperbaiki layanan Anda. Memperbaiki dan mengembangkan pelayanan membuat Anda menjadi seseorang yang bertanggung jawab.

Selain itu, jika Anda memberikan tanggapan terhadap umpan balik yang diberikan pembeli, hal ini menyiratkan jika Anda adalah seorang seller yang mendengar masukan dari pembeli. Bukan tidak mungkin Anda bisa mengembalikan kepercayaan dari pelanggan Anda.

4. Aktif dalam Memberikan Solusi  serta Saran Untuk Pelanggan

Memberikan support adalah bagian dari pelayanan dalam sebuah transaksi. Saat melakukan percakapan dengan pembeli atau calon pembeli, Anda harus aktif dalam memberikan saran serta solusi.

Selain itu, menawarkan konsultasi terhadap barang atau jasa yang Anda jual juga sebisa mungkin harus Anda lakukan. Tentu saja untuk melakukan hal ini Anda harus dibekali pengetahuan terhadap produk yang Anda jual. Jika produk yang Anda jual merupakan milik sendiri tentu saja hal ini bukanlah masalah, tetapi jika Anda menjual produk orang lain (reseller) sebaiknya Anda harus mempelajari terlebih dahulu produk tersebut.

5. Kenali Pelanggan Anda

Setelah Anda memahami produk Anda dengan baik, tahap selanjutnya adalah untuk siapa produk Anda di jual. Dengan mengenali target pasar, Anda akan mudah memaksimalkan pelayanan Anda .

Misalkan, Anda memasarkan produk fashion untuk anak muda. Berarti disini target pasar Anda adalah anak muda yang menggemari fashion. Dari sini Anda bisa mulai merencanakan bagaimana memberikan pelayanan terbaik untuk target pasar Anda.

Misalkan dengan membuat artikel-artikel khusus yang membahas fashion dengan bahasa yang santai. Selanjutnya, saat membalas pesan dari pelanggan, Anda tidak perlu menggunakan bahasa formal, tidak masalah jika Anda menggunakan sedikit bahasa slang dengan lebih ceria. Serta masih banyak lagi hal yang bisa Anda kembangkan jika Anda mengenal target pasar Anda.

6. Berikan Perhatian Lebih Kepada Pelanggan Tetap Anda

Mencari pelanggan baru memang hal yang penting, tetapi mempertahankan yang sudah ada juga tidak kalah pentingnya. Para pelanggan tetap ini memberikan jaminan jika Anda masih memiliki pembeli yang selalu membutuhkan produk Anda. Untuk itu, Anda harus memberikan perhatian lebih kepada pelanggan tetap Anda. Anda bisa melakukanya muali dari hal yang sederhana, misalkan dengan mengingat nama mereka. 

Selain itu, jika seseorang memutuskan untuk membeli kembali produk Anda atau menggunakanan jasa Anda kembali, berarti mereka menganggap kualitas produk dan pelayanan Anda cukup baik baik. Anda bisa memajang testimoni mereka di sales letter produk. Dengan begitu mereka akan lebih merasa diperhatikan.

Sebenarnya, masih banyak caya yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan pelayanan di toko online Anda secara efisien. Namun, tentu saja kita tidak bisa membahasnya secara keseluruhan. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

1 komentar untuk "Cara Meningkatkan pelayan Toko Online supaya lebih Efisien"